RPP KELAS VII SEMESTER 1 MATERI TEKS PROSEDUR TAHUN 2019-2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP Darul Ummah
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          : VII / Ganjil
Materi Pokok              : Teks Prosedur
Alokasi Waktu            : 6 JP ( 3 Pertemuan) x 40 menit

A.    Kompetensi Inti
1.     KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. KI-4: Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.6  Menelaah struktur dan aspek kebahasaan  teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
3.6.1 Menguraikan   struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya.
3.6.2 Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada  teks prosedur.
3.6.3 Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa
3.6.4 Menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan.
4.6  Menyajikan  data rangkaian kegiatan  ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.
4.6.1        Merencanakan penulisan teks prosedur .
4.6.2    Menulis   teks prosedur dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
4.6.3        Memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat dengan  memerhatikan  .


C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:
1.   menguraikan   struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya dengan tepat;
2. menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada  teks prosedur dengan benar;
3. menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa dengan tepat;
4.   menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan dengan benar.
Pertemuan 2
Setelah mengamati video teks prosedur, peserta didik dapat:
1.      merencanakan penulisan teks prosedur dengan sungguh-sungguh.
2.      menulis   teks prosedur dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan dengan baik.

Pertemuan 3
Setelah menulis teks prosedur, peserta didik dapat memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat dengan  memerhatikan dengan percaya diri.
D.    Materi Pelajaran
Faktual            :    Teks Prosedur
Konseptual      :    a. Stuktur teks prosedur
                             b. Ciri-ciri bagian teks prosedur
                             c. Prinsip penggunaan kata / kalimat / paragraph
                            d. Kaidah bahasa
Prosedural       :    Langkah menyusun teks prosedur
Metakognitif   :    Menyusun teks prosedur

E.     Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                        :  Saintifik
2.      Model Pembelajaran         :  Discovery Learning, Core, dan Demonstrasi
3.      Metode                              :  Ceramah, tanya-jawab, diskusi, penugasan, presentasi, dan demonstrasi

F.     Media Pembelajaran
1.      Bahan 
a.       Bahan ajar cetak                      : bahan ajar dan LKPD
b.      Bahan ajar dari audio visual    : video
2.      Alat
a.       Penggaris, spidol, papan tulis
b.      Laptop, LCD, dan proyektor

G.    Sumber Belajar
Harsiati, Titik, dkk. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Harsiati, Titik, dkk. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

H.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
1.      Pendidik mengondisikan suasana belajar.
a.    Memberi salam kepada peserta didik,
b.    Berdoa sebelum belajar,
c.    Bersama para peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya,
d.   Mempresensi kehadiran peserta didik.
(Membangun Karakter)

2.      Pendidik melakukan apersepsi
a.    Bertanya jawab kepada peserta didik tentang teks prosedur
b.    Melakukan apersepsi terkait dengan materi sebelumnya mengenai teks prosedur
c.    Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
(Berkomunikasi, Berpikir Kritis)
3.      Pendidik memberi motivasi kepada peserta didik
a.    Memberi informasi tentang manfaat belajar teks prosedur
b.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

4.      Pendidik memberi acuan pada pembelajaran yang akan dilakukan
a.     Menyampaikan cakupan materi, KD, dan KKM pada pembelajaran yang akan dilakukan
b.    Memberi tahu langkah pembelajaran yang akan dilakukan
c.     Memberi informasi tentang penilaian.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pemberian Rangsangan (Stimulation)
1.    Peserta didik diminta untuk mengingat kembali dan menyimpulkan contoh teks prosedur yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya (Literasi)
2.    Peserta didik diberi rangsangan untuk lebih memusatkan perhatian pada topik dengan cara diminta untuk mengamati tayangan slide tentang materi isi teks prosedur (Literasi)
Pertanyaan/
Identifikasi
Masalah (Problem
Statement)
3.    Pendidik memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya mengajukan pertanyaan tentang :
a.    Apa saja struktur dan ciri-ciri dalam teks prosedur?
b.    Apa saja prinsip penggunaan kata yang dipakai dalam teks prosedur?
c.    Apa saja kaidah bahasa yang harus digunakan dalam teks prosedur?
d.   Bagaimana menggunakan tanda baca yang benar dalam teks prosedur?
(Berpikir Kritis dan Berkomunikasi)
Pengumpulan Data (Data Collection)
4.    Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok (Kolaborasi)
5.    Setiap kelompok diberikan beberapa contoh teks prosedur dan ditugasi untuk menelaah yang termasuk dalam struktur, ciri, penggunaan kata, melengkapi teks prosedur, kaidah bahasa dan memperbaiki kesalahan yang terdapat dalm teks prosedur. (Literasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis, Berkomunikasi, Mengembangkan Karakter, Rasa Ingin Tahu, dan Kebiasaan Belajar Sepanjang Hayat)
Pengolahan Data (Data Processing)
6.    Peserta didik dalam kelompoknya membagi tugas dalam pengerjaan teks prosedur.
7.    Berdasarkan hasil diskusi dari pengumpulan data/informasi, peserta didik dapat membedakan perbedaan dari beberapa teks prosedur yang dibaca sehingga dapat menyimpulkan perbedaan yang terletak dalam teks prosedur tersebut.
(Literasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis, Berkomunikasi, Mengembangkan Karakter Sosial dan Sikap Teliti)
Pembuktian (Verification)
8.    Peserta didik mencoba untuk memperdalam pengetahuan untuk memastikan/membuktikan hasil pekerjaannya sudah benar (Berpikir Kritis)
9.    Peserta didik dipantau pendidik membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik (Berkomunikasi, Berpikir Kritis, dan Berkreativitas)
Menyimpulkan (Generalization)
10.    Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok sebagai perwakilan dan dibahas bersama-sama.
11.    Peserta didik dari kelompok lain diminta memberi tanggapan dan umpan balik
 (Berkomunikasi dan Berpikir Kritis)
12.    Peserta didik dibantu pendidik menyimpulkan poin-poin penting yang telah didiskusikan (Berpikir Kritis, Berkreativitas, dan Sikap Teliti)
13.    Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami (Berkomunikasi dan Berpikir Kritis)
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
1.      Pendidik memeriksa hasil kerja individu peserta didik.
2.      Pendidik memberi penghargaan kepada peserta didik (Membangun Karakter Menghargai Hasil Karya Orang Lain )
3.      Pendidik memberi refleksi pada pembelajaran yang telah dilakukan
4.      Pendidik memberi penugasan kepada peserta didik
5.      Pendidik menyampaikan/menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
6.      Pendidik mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam (Membangun Karakter)
10
menit

Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
1.Pendidik mengondisikan suasana belajar.
a.       Memberi salam kepada peserta didik,
b.      Berdoa sebelum belajar,
c.       Bersama para peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya,
d.      Mempresensi kehadiran peserta didik.
(Membangun Karakter)

2.      Pendidik melakukan apersepsi
a.       Bertanya jawab kepada peserta didik tentang materi teks prosedur pada pertemuan sebelumnya.
b.      Melakukan apersepsi terkait dengan materi sebelumnya mengenai teks prosedur
c.       Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
(Berkomunikasi, Berpikir Kritis)
3.      Pendidik memberi motivasi kepada peserta didik
a.       Memberi informasi tentang manfaat belajar teks prosedur
b.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

4.      Pendidik memberi acuan pada pembelajaran yang akan dilakukan
a.       Menyampaikan cakupan materi, KD, dan KKM pada pembelajaran yang akan dilakukan
b.    Memberi tahu langkah pembelajaran yang akan dilakukan
c.     Memberi informasi tentang penilaian.



10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Connecting (Koneksi Informasi Lama – Baru dan antar konsep)
1.      Peserta didik diminta untuk mengingat kembali teks prosedur yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya (Literasi)
2.      Peserta didik menyimak video contoh teks prosedur dan mengaitkannya dengan materi sebelumnya (Literasi)
3.      Peserta didik diberi rangsangan untuk lebih memusatkan perhatian pada topik dengan mengingat kembali pembahasan yang telah dilakukan pada pertemuan selanjutnya (Literasi)
4.      Pendidik memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video dan materi sebelumnya (Berpikir Kritis dan Berkomunikasi)
Organizing (Ide untuk memahami materi)
5.      Peserta didik bergabung dengan kelompok yang telah dipilih sebelumnya (Kolaborasi)
6.      Peserta didik menulis konsep-konsep mengenai video yang telah disimak sebelumnya.
7.      Peserta didik memperhatikan pemilihan kata, struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan. 
Refleting (memikirkan kembali, mendalami, dan menggali)
8.      Setiap kelompok mendiskusikan garis besar teks prosedur berdasarkan video yang telah mereka dirumah yakni dapat berupa peta konsep dan lain sebagainya  (Literasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis, Berkomunikasi, Mengembangkan Karakter, Rasa Ingin Tahu, dan Kebiasaan Belajar Sepanjang Hayat)
Extending (Mengembangkan, memperluas, menggunakan, dan menemukan)
9.      Peserta didik dalam kelompoknya mengembangkan peta konsep yang telah dibuat sebelumnya sesuai dengan struktur dan kaidah bahasa (Literasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis, Berkomunikasi, Mengembangkan Karakter Sosial dan Sikap Teliti)
10.  Peserta didik mendiskusikan penggunaan kata dan tanda baca pada teks prosedur yang telah dikembangkan (Literasi, kolaborasi, berpikir kritis, berkomunikasi, mengembangkan karakter sosial dan sikap teliti)
11.  Peserta didik menyempurnakan teks prosedur yang telah dikembangkan dalam menulis teks prosedur  (Literasi, kolaborasi, berpikir kritis, berkomunikasi, mengembangkan karakter sosial dan sikap teliti)
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup

1.      Pendidik memeriksa hasil kerja individu peserta didik.
2.      Pendidik memberi refleksi pada pembelajaran yang telah dilakukan.
3.      Pendidik memberi penugasan kepada peserta didik
4.      Pendidik menyampaikan/menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
5.      Pendidik mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam (Membangun Karakter)
10
menit

Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
1.      Pendidik mengondisikan suasana belajar.
a.       Memberi salam kepada peserta didik,
b.      Berdoa sebelum belajar,
c.       Bersama para peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya,
d.      Mempresensi kehadiran peserta didik.
(Membangun Karakter)

2.      Pendidik melakukan apersepsi
a.       Bertanya jawab kepada peserta didik tentang teks prosedur
b.      Melakukan apersepsi terkait dengan materi sebelumnya mengenai teks prosedur
d.   Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
(Berkomunikasi, Berpikir Kritis)

3.      Pendidik memberi motivasi kepada peserta didik
a.       Memberi informasi tentang manfaat belajar teks prosedur
b.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

4.      Pendidik memberi acuan pada pembelajaran yang akan dilakukan
a.       Menyampaikan cakupan materi, KD, dan KKM pada pembelajaran yang akan dilakukan
b.      Memberi tahu langkah pembelajaran yang akan dilakukan

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Sajian gambaran umum materi dan pembagian tugas
1.      Peserta didik diminta untuk mengingat kembali materi pembelajaran sebelumnya secara rinci mengenai penulisan teks prosedur (Literasi)
2.      Peserta didik bergabung dengan kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya (Berkomunikasi)
Demonstrasi dan Diskusi Kelas
3.      Pendidik menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka daan mendemonstrasikannya di depan kelas (Berkomunikasi dan Berpikir Kritis)
4.      Peserta didik dari kelompok lain diminta memberi tanggapan
5.      Peserta didik yang mempresentasikan hasil kerja kelompoknya memberi tanggapan atau umpan balik
(Berkomunikasi dan Berpikir Kritis)
6.      Peserta didik dari kelompok lain diminta memberi tanggapan
7.      Peserta didik yang mempresentasikan hasil kerja kelompoknya memberi tanggapan atau umpan balik
(Berkomunikasi dan Berpikir Kritis)
Penyimpulan
8.      Peserta didik dibantu pendidik menyimpulkan poin-poin penting yang telah didiskusikan
(Berpikir Kritis, Berkreativitas, dan Sikap Teliti)
9.      Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang belum dipahami (Berkomunikasi dan Berpikir Kritis)
60
menit


Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup

1.      Pendidik memeriksa hasil kerja individu peserta didik.
2.      Pendidik memberi refleksi pada pembelajaran yang telah dilakukan
3.      Pendidik memberi penugasan kepada peserta didik
4.      Pendidik menyampaikan/menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
5.      Pendidik mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
(Membangun Karakter)
10
Menit

I.       Penilaian dan Tindak Lanjut

1.        Penilaian
a.         Teknik Penilaian
1)        Sikap                 : Observasi
2)        Pengetahuan      : Tes tulis, penugasan
3)        Keterampilan     : Kinerja (Praktik dan Projek)
b.        Bentuk Instrumen Penilaian
1)        Sikap                 : Lembar observasi
2)        Pengetahuan      : Tes uraian, PR
3)        Keterampilan     : Rubrik penilaian kinerja (Proses/Praktik dan Projek)

2.      Rencana Tindak Lanjut Hasil Penilaian (Remedial dan/atau Pengayaan)
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remidial
Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM 70
b.      Pengayaan
-         Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM 70
-          Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
-          Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya menyimpulkan urutan langkah teks prosedur kegiatan

                                                                          
Mengetahui                                                                                Bangkalan, 11 September 2019
Dosen Pembimbing                                                                    Guru Bahasa Indonesia


Sobirin, S.Pd                                                                          St. Fatimatus Zehroh, S.Pd






Komentar

Postingan Populer