RPP KELAS VII SEMESTER 1 MATERI TEKS PROSEDUR TAHUN 2019-2020
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Darul Ummah
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : VII / Ganjil
Materi
Pokok : Teks Prosedur
Alokasi
Waktu : 6 JP ( 3 Pertemuan) x
40 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. KI-1:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. KI-2:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. KI-3:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4. KI-4:
Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
|
3.6 Menelaah struktur dan
aspek kebahasaan teks prosedur tentang
cara melakukan sesuatu dan cara
membuat (cara memainkan alat musik/
tarian daerah, cara membuat
kuliner khas daerah, dll.) dari
berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
|
3.6.1 Menguraikan struktur teks prosedur dan ciri
bagian-bagiannya.
3.6.2 Menyimpulkan prinsip penggunaan
kata/ kalimat/ paragraf pada teks
prosedur.
3.6.3 Menelaah hasil melengkapi teks
prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa
3.6.4 Menentukan dan memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan.
|
|
4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara
memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll)
dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.
|
4.6.1
Merencanakan penulisan teks
prosedur .
4.6.2 Menulis teks prosedur dengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda
baca/ejaan.
4.6.3
Memeragakan secara lisan cara
melakukan/ membuat dengan
memerhatikan .
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik dapat:
1. menguraikan struktur teks prosedur dan ciri
bagian-bagiannya dengan tepat;
2. menyimpulkan
prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada
teks prosedur dengan benar;
3. menelaah
hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa dengan
tepat;
4. menentukan
dan memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca/ejaan dengan benar.
Pertemuan
2
Setelah
mengamati video teks prosedur, peserta didik dapat:
1. merencanakan
penulisan teks prosedur dengan sungguh-sungguh.
2. menulis teks prosedur dengan memperhatikan pilihan
kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda
baca/ejaan dengan baik.
Pertemuan
3
Setelah
menulis teks prosedur, peserta didik dapat memeragakan secara lisan cara
melakukan/ membuat dengan memerhatikan
dengan percaya diri.
D.
Materi
Pelajaran
Faktual : Teks Prosedur
Konseptual : a. Stuktur teks prosedur
b. Ciri-ciri
bagian teks prosedur
c. Prinsip
penggunaan kata / kalimat / paragraph
d.
Kaidah bahasa
Prosedural :
Langkah menyusun teks prosedur
Metakognitif : Menyusun teks prosedur
E.
Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2.
Model Pembelajaran :
Discovery Learning, Core, dan Demonstrasi
3.
Metode : Ceramah, tanya-jawab, diskusi, penugasan,
presentasi, dan demonstrasi
F.
Media
Pembelajaran
1.
Bahan
a.
Bahan ajar cetak :
bahan ajar
dan LKPD
b.
Bahan ajar dari audio
visual : video
2.
Alat
a.
Penggaris,
spidol, papan tulis
b.
Laptop, LCD, dan proyektor
G. Sumber Belajar
Harsiati,
Titik, dkk. 2017. Buku Siswa Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Harsiati,
Titik, dkk. 2017. Buku Guru Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
1.
Pendidik mengondisikan
suasana belajar.
a.
Memberi salam kepada peserta didik,
b.
Berdoa sebelum belajar,
c.
Bersama para peserta
didik menyanyikan lagu Indonesia Raya,
d.
Mempresensi kehadiran
peserta didik.
(Membangun Karakter)
2.
Pendidik melakukan
apersepsi
a.
Bertanya jawab kepada peserta didik tentang teks prosedur
b.
Melakukan apersepsi
terkait dengan materi sebelumnya mengenai teks prosedur
c.
Mengaitkan materi
sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
(Berkomunikasi, Berpikir Kritis)
3.
Pendidik memberi
motivasi kepada peserta didik
a.
Memberi informasi
tentang manfaat belajar teks prosedur
b.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
4.
Pendidik memberi acuan
pada pembelajaran yang akan dilakukan
a.
Menyampaikan cakupan
materi, KD, dan KKM pada pembelajaran yang akan dilakukan
b.
Memberi tahu langkah
pembelajaran yang akan dilakukan
c.
Memberi informasi
tentang penilaian.
|
10
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|||||||||||||||
Kegiatan Penutup
1.
Pendidik memeriksa hasil kerja individu peserta didik.
2.
Pendidik memberi penghargaan kepada peserta didik (Membangun Karakter Menghargai Hasil
Karya Orang Lain )
3.
Pendidik memberi refleksi pada pembelajaran yang telah dilakukan
4.
Pendidik memberi penugasan kepada peserta didik
5.
Pendidik menyampaikan/menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya
6.
Pendidik mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam (Membangun Karakter)
|
10
menit
|
Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
1.Pendidik mengondisikan suasana belajar.
a.
Memberi salam kepada peserta didik,
b.
Berdoa sebelum belajar,
c.
Bersama para peserta
didik menyanyikan lagu Indonesia Raya,
d.
Mempresensi kehadiran
peserta didik.
(Membangun Karakter)
2.
Pendidik melakukan
apersepsi
a.
Bertanya jawab kepada peserta didik tentang materi teks prosedur pada pertemuan
sebelumnya.
b.
Melakukan apersepsi
terkait dengan materi sebelumnya mengenai teks prosedur
c.
Mengaitkan materi
sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
(Berkomunikasi, Berpikir Kritis)
3.
Pendidik memberi
motivasi kepada peserta didik
a.
Memberi informasi
tentang manfaat belajar teks prosedur
b.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
4.
Pendidik memberi acuan
pada pembelajaran yang akan dilakukan
a. Menyampaikan cakupan materi, KD, dan KKM pada pembelajaran
yang akan dilakukan
b.
Memberi tahu langkah
pembelajaran yang akan dilakukan
c.
Memberi informasi
tentang penilaian.
|
10
menit
|
||||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|||||||||||
Kegiatan Penutup
1.
Pendidik memeriksa hasil kerja individu peserta didik.
2.
Pendidik memberi refleksi pada pembelajaran yang telah dilakukan.
3.
Pendidik memberi penugasan kepada peserta didik
4.
Pendidik menyampaikan/menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
5.
Pendidik mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam (Membangun Karakter)
|
10
menit
|
Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
||||||||
Kegiatan Pendahuluan
1.
Pendidik mengondisikan
suasana belajar.
a.
Memberi salam kepada peserta didik,
b.
Berdoa sebelum belajar,
c.
Bersama para peserta
didik menyanyikan lagu Indonesia Raya,
d.
Mempresensi kehadiran
peserta didik.
(Membangun Karakter)
2.
Pendidik melakukan
apersepsi
a. Bertanya jawab kepada peserta didik
tentang teks prosedur
b. Melakukan apersepsi terkait dengan materi sebelumnya mengenai teks prosedur
d.
Mengaitkan materi
sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
(Berkomunikasi, Berpikir Kritis)
3.
Pendidik memberi
motivasi kepada peserta didik
a.
Memberi informasi tentang
manfaat belajar teks prosedur
b.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
4.
Pendidik memberi acuan
pada pembelajaran yang akan dilakukan
a. Menyampaikan cakupan materi, KD, dan KKM pada
pembelajaran yang akan dilakukan
b. Memberi tahu langkah pembelajaran yang akan dilakukan
|
10
menit
|
||||||||
Kegiatan Inti
|
60
menit
|
||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|||||||||
Kegiatan Penutup
1.
Pendidik memeriksa hasil kerja individu peserta didik.
2.
Pendidik memberi refleksi pada pembelajaran yang telah dilakukan
3.
Pendidik memberi penugasan kepada peserta didik
4.
Pendidik menyampaikan/menginformasikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya
5.
Pendidik mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam
(Membangun Karakter)
|
10
Menit
|
I.
Penilaian dan Tindak Lanjut
1.
Penilaian
a.
Teknik Penilaian
1)
Sikap : Observasi
2)
Pengetahuan :
Tes tulis, penugasan
3)
Keterampilan :
Kinerja (Praktik dan Projek)
b.
Bentuk Instrumen Penilaian
1)
Sikap : Lembar observasi
2)
Pengetahuan :
Tes uraian, PR
3)
Keterampilan : Rubrik
penilaian kinerja (Proses/Praktik dan Projek)
2.
Rencana
Tindak Lanjut Hasil Penilaian (Remedial dan/atau Pengayaan)
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remidial
Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang
belum mencapai KKM 70
b.
Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah
wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada
peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM 70
-
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak
ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
-
Direncanakan berdasarkan IPK atau materi
pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya menyimpulkan urutan langkah teks prosedur kegiatan
Mengetahui Bangkalan,
11 September 2019
Dosen Pembimbing Guru
Bahasa
Indonesia
Sobirin, S.Pd St. Fatimatus Zehroh, S.Pd
Komentar
Posting Komentar