St. Fatimatus Zehroh
CGP Bangkalan 2021
Angkatan IV
1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang
Inkuiri Apresiatif
Mengelola Perubahan yang Positif : Menurut Evans (2001), untuk memastikan bahwa
perubahan terjadi secara mendasar dalam operasional sekolah, maka para pemimpin
sekolah hendaknya mulai dengan memahami dan mendorong perubahan budaya sekolah.
Budaya sekolah berarti merujuk pada kebiasaan-kebiasaan yang selama ini
dilakukan di sekolah.
Cooperrider,
yang adalah tokoh yang mengembangkan IA, menyatakan bahwa pendekatan IA dapat
membantu membebaskan potensi inovatif dan kreativitas, serta menyatukan orang
dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh proses manajemen perubahan yang
biasa.
Mempelajari
IA lebih dalam sebagai salah satu model manajemen perubahan di sekolah dan
mencoba menerapkannya melalui tahapan dalam IA yang di dalam bahasa Indonesia
disebut dengan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan
Rencana, Atur Eksekusi).
Ø Tahap pertama, Buat
Pertanyaan Utama. Di tahap ini, Anda merumuskan pertanyaan sebagai
penentu arah penelusuran terkait perubahan apa yang diinginkan atau diimpikan.
Ø Tahap kedua, Ambil Pelajaran.
Pada tahapan ini, Anda mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah
dicapai di sekolah dan pelajaran apa yang dapat diambil dari hal-hal positif
tersebut.
Ø Tahap ketiga, Gali Mimpi.
Pada tahapan ini, Anda dapat menyusun narasi tentang kondisi ideal apa yang
diimpikan dan diharapkan terjadi di sekolah. Disinilah visi benar-benar
dirumuskan dengan jelas.
Ø Tahap keempat, Jabarkan
Rencana. Di tahapan ini, Anda dapat merumuskan rencana tindakan
tentang hal-hal penting apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi.
Ø Tahapan terakhir, Atur
Eksekusi. Di bagian ini, Anda memutuskan langkah-langkah yang akan
diambil, siapa yang akan terlibat, bagaimana strateginya, dan aksi lainnya demi
mewujudkan visi perlahan-lahan.
Komentar
Posting Komentar